Tips Perawatan Rambut Lurus Langsung Dari Ahlinya

Perawatan Rambut Lurus

Tips Perawatan Rambut Lurus. Kondisi rambut ‘Bad hair day‘ membuat rasa percaya diri berkurang. Padahal kondisi rambut yang seperti ini banyak dialami kaum hawa. Ketika melihat iklan perawatan rambut, kita mungkin seakan bermimpi. Apakah memang bisa punya rambut yang lurus dan lembut seperti model itu? Apakah itu benar-benar nyata?

Kami rasa itu memang sedikit berlebihan. Akan tetapi kita bisa merawat rambut lurus dengan hasil yang lebih sehat.

Para ahli perawatan rambut telah memiliki pendapat dan risetnya. Bahwa mimpi memiliki rambut yang sehat bisa diwujudkan dengan melakukan perawatan rambut yang tepat.

Prutha B.Nawale, seorang Senior R&D di bidang Cosmetic Technology asal India, telah memberikan tips perawatan rambut lurus yang bisa dilakukan dengan mudah oleh semua orang tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Temukan daftar tipsnya di artikel ini.

Perawatan Rambut yang Perlu Dilakukan

1. Cuci Rambut Anda Secara Teratur

Hal mudah yang bisa kita lakukan adalah dengan mencuci rambut secara teratur untuk memastikan kulit kepala dan rambut benar-benar bebas dari kotoran dan minyak berlebih. Akan tetapi, frekuensinya tergantung dari masing-masing jenis rambut dan kondisi pribadi Anda. Jika Anda memiliki rambut yang cukup kering, sebaiknya batasi keramas hingga dua kali seminggu. Sedangkan kalau kulit kepala Anda berminyak, mencuci rambut setiap hari dapat membantu.

2. Gunakan Sampo Bebas Kimia

Sekarang ini faktor lingkungan sangat berperan dalam merusak rambut kita. Namun, itu bisa dikendalikan dengan memilih jenis sampo yang tepat. Sebaiknya gunakan sampo yang memiliki jumlah bahan kimia rendah. Karena itu akan membuat rambut Anda lebih sehat. Intinya pilih yang sesuai dengan jenis rambut Anda.

Kandungan sulfat dan paraben pada sampo memang untuk menyabuni dan mengawetkan. Akan tetapi itu bisa menyebabkan iritasi kulit dan meningkatkan risiko gangguan hormonal.

3. Gunakan Conditioner dengan Benar

Produk kondisioner mengandung bahan-bahan yang membuat rambut jadi mudah diatur. Kondisioner mampu melindungi rambut dari agresor lingkungan dan suhu panas dari alat penata rambut. Namun, penggunaan conditioner yang tepat adalah digunakan hanya pada ujung rambut saja. Jangan gunakan sampai ke kulit kepala. Dan ketika membilas, pastikan bilas secara menyeluruh.

4. Keringkan Rambut Secara Alami

Mengeringkan rambut dengan hair dryer memang lebih cepat. Tetapi penggunaan yang berlebihan dapat merusak kulit kepala rambut Anda. Sebaiknya jika Anda tidak terburu-buru, keringkan rambut secara alami saja. Gunakan hair dryer kalau pas ingin ke acara-acara penting. Pengeringan udara atau menggunakan handuk setelah keramas adalah cara terbaik.

Tetapi jangan pernah tidur dalam kondisi rambut masih basah atau menyisir rambut basah. Selain itu menggosok rambut dengan handuk secara kasar juga dapat merusak kutikula rambut. Keringkan dan bersihkan dengan lembut.

5. Gunakan Minyak Rambut dengan Benar

Memberikan nutrisi untuk rambut dengan minyak rambut itu memang bagus. Apalagi jika dilakukan dengan memijat sebelum keramas. Itu akan membuat sirkulasi darah di kulit kepala, mengendurkan otot, dan meningkatkan kilau rambut. Lakukan ini secara rutin tetapi jangan sering-sering.

Melakukan perawatan dengan minyak, dapat mengembalikan kadar air dan memperbaiki rambut bercabang. Anda bisa menggunakan minyak untuk kulit yang aman juga untuk rambut. Seperti minyak almond, minyak zaitun, minyak kemiri, minyak jarak, dan lainnya. Hindari menggunakan minyak mineral pada rambut Anda.

Tips Pro: Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang baik, sesekali oleskan minyak hangat dan bungkus kepala Anda dengan handuk. Pertimbangkan juga untuk menggunakan masker rambut untuk menenangkan kutikula rambut sebelum keramas. Ini akan membantu dalam mengurangi gesekan antara helai rambut selama aplikasi sampo.

6. Gunakan Sisir Bergigi Lebar

Rambut yang basah sangat rapuh dan mudah patah. Biarkan rambut Anda mengering dulu, kemudian gunakan sisir bergigi jarang untuk menyisir rambut Anda. Sisir jenis ini mencegah kerusakan rambut Anda.

Baca Juga:  6 Rekomendasi Vitamin untuk Rambut Rontok Terbaik

7. Tata Rambut Secara Alami

Kadang ada keinginan untuk menata rambut jadi bergelombang atau ikal. Tetapi biasanya harus menggunakan alat pengeriting atau pelurus rambut. Kalau Anda ingin tetap menggunakan alat-alat pemanas ini, sebaiknya gunakan serum pelindung panas dulu sebelum melakukannya.

Tata Rambut Alami - Perawatan Rambut Lurus

8. Pangkas Rambut Secara Teratur

Memiliki rambut yang lurus juga perlu dipangkas secara teratur. Lakukan setiap 6-8 minggu untuk menghilangkan ujung rambut yang bercabang. Rambut bercabang terbentuk ketika rambut rusak. Bisa karena efek penataan rambut dengan pemanas, polusi lingkungan, efek merokok, stres, dan lainnya.

Memangkas rambut memang tidak membuat rambut tumbuh lebih cepat. Karena pertumbuhan rambut itu terjadi di tingkat kulit kepala. Akan tetapi pemangkasan rambut akan membuat rambut tetap sehat.

9. Minum Air Lebih Banyak

Kita harus seimbang dalam menghidrasi rambut. Itu bisa dilakukan dengan cara hidrasi secara internal dan eksternal. Agar rambut bisa tumbuh dengan sehat. Anda bisa melakukan perawatan rambut secara rutin dengan produk maupun minyak yang menghidrasi kulit rambut. Tetapi Anda juga perlu untuk menjaga pola minum setidaknya 3 liter air setiap harinya.

10. Konsumsi Makanan Sehat

Prutha B.Nawale tidak pernah lupa untuk terus mengingatkan, kalau “Anda adalah apa yang Anda makan”. Makanan yang kita konsumsi setiap hari, tidak sekadar membuat kenyang. Tetapi hasilnya juga akan dirasakan oleh tubuh dalam jangka pendek maupun panjang. Khususnya masalah rambut, itu akan bisa berdampak dari makanan yang kita konsumsi.

Rambut perlu nutrisi yang tepat, seperti protein dan asam amino. Makanan seperti telur, kacang-kacangan, ikan, sayuran hijau, ubi jalar, adalah beberapa makanan yang bagus untuk kesehatan rambut.

11. Gunakan Topi

Ketika Anda beraktivitas di bawah paparan sinar matahari, sinar UV tidak hanya bisa merusak kulit. Tetapi juga rambut Anda. Sinar matahari dapat menghilangkan kelembaban rambut dan membuatnya jadi kering, rapuh, dan rusak seiring berjalannya waktu.

Untuk itu gunakan topi ketika Anda berada di luar ruangan, agar rambut tetap terjaga.

12. Gunakan Ikat Rambut

Memiliki rambut yang lurus kadang menjadi kebanggaan dan ingin ditampilkan ke orang-orang. Tetapi menggunakan ikat rambut juga bisa jadi cara terbaik untuk membatasi paparan rambut terhadap agresor lingkungan. Gunakan ikat rambut berbahan kain, bukan plastik. Dan jangan mengikatnya terlalu kencang.

Perawatan Rambut Lurus yang Perlu Dihindari

1. Mandi Air Panas

Mandi dengan air panas membuat minyak alami pada kulit kepala jadi hilang. Sehingga rambut jadi kering dan bersisik. Untuk itu mandi dengan air dingin adalah pilihan yang terbaik.

Akan tetapi jika Anda memang diharuskan untuk mandi dengan air panas, sebaiknya jangan basahi rambut dengan air panas.

2. Stres

Kalau kita melihat seseorang yang rambutnya sehat, kita bisa saja mengatakan kalau hidup mereka jarang stres. Karena stres juga bisa menyebabkan rambut rontok dan tidak sehat.

3. Bahan Kimia

Bahan kimia yang terkandung dalam produk perawatan rambut dan alat penata rambut bisa mempengaruhi folikel rambut. Selain itu juga dapat mengganggu pertumbuhan rambut dan membuatnya jadi rontok.

4. Produk Penata Rambut

Menata rambut menggunakan pelurus, pengering rambut, dan pengeriting dalam waktu yang lama dapat mengubah tekstur rambut. Rambut pun lama-lama juga akan menjadi kering dan mudah patah.

5. Cuci Rambut dengan Air Garam

Jangan sampai Anda mencuci rambut dengan air garam. Karena itu bisa merusak kutikula rambut, membuat iritasi kulit kepala dan membuat rambut jadi kusut. Hindari juga air yang mengandung kaporit, seperti yang ada di kolam renang.

Apa Yang Terjadi Jika Anda Tidak Merawat Rambut?

Kadang ada orang yang cuek dengan kesehatan rambutnya. Jika tidak merawat rambut, maka rambut bisa jadi akan berhenti tumbuh setelah beberapa saat. Perlahan akan muncul ketombe, rambut rontok, kekeringan dan kusam. Dan pada akhirnya bisa terjadi kebotakan.

Tidak mencuci rambut dalam waktu yang lama juga membuat rambut akan tumbuh ke dalam. Ya, rambut bisa tumbuh ke dalam.

Kesimpulan

Perawatan rambut lurus memang perlu dilakukan dengan tepat. Jadi dengan menggunakan produk bebas bahan kimia yang sesuai dengan jenis rambut Anda, makan yang benar, menghindari menata rambut dengan pemanas, dan semua tips di atas, Anda akan bisa mendapatkan rambut lurus yang lebih sehat.

Akan tetapi yang terpenting adalah apabila Anda mengalami kerontokan dan kerusakan rambut secara berlebihan meskipun sudah mengikuti perawatan rambut yang baik, Anda perlu konsultasikan ke dokter.

Tia Firmansyah

Kontributor Aktif di Skinmoe.com

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.