Perawatan Kulit Sensitif Matahari yang Gampang Diterapkan

Perawatan Kulit Sensitif Matahari

Punya kulit sensitif terhadap sinar matahari itu memang harus ekstra hati-hati dan rutin dalam perawatannya. Soalnya dampak dari paparan sinar matahari ke kulit yang sensitif itu bisa membuat kulit jadi iritasi parah.

Kulit sensitif adalah kulit yang bereaksi berlebihan terhadap berbagai faktor dari lingkungan sehingga rentan menimbulkan iritasi, kemerahan, bahkan gatal-gatal. Salah satu faktor yang dapat memicu iritasi pada kulit sensitif adalah paparan sinar matahari.

Karena sinar matahari mengandung radiasi ultraviolet (UV) yang dapat merusak lapisan pelindung kulit atau skin barrier. Akibatnya, kulit menjadi kering, kemerahan, gatal, bahkan terbakar.

Nah, kalau kamu punya kulit sensitif matahari, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatannya. Biar lebih mudah diikuti, yuk kita bahas satu persatu.

1. Pilih produk perawatan kulit yang cocok

Produk perawatan kulit yang tidak sesuai bisa bikin kulit sensitif makin iritasi. Makanya, penting banget untuk memilih produk perawatan kulit yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif.

Saat memilih produk perawatan kulit, perhatikan kandungannya. Hindari produk yang mengandung bahan-bahan yang bisa mengiritasi kulit, seperti:

  • Alkohol
  • Pewangi
  • Pewarna
  • Minyak esensial
  • SLS (sodium lauryl sulfate) dan SLES (sodium laureth sulfate)

Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan rekomendasi produk perawatan kulit yang tepat untuk jenis kulitmu.

Pilihlah produk yang lembut, hypoallergenic, dan non-comedogenic. Baca label produk dengan teliti sebelum membeli dan gunakan.

2. Gunakan tabir surya setiap hari

Paparan sinar matahari adalah salah satu faktor utama yang bisa bikin kulit sensitif makin iritasi. Makanya, penting banget untuk menggunakan tabir surya setiap hari, bahkan saat cuaca mendung.

Pilihlah tabir surya dengan SPF minimal 30 dan broad spectrum. SPF 30 dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet B (UVB) yang bisa menyebabkan sunburn. Sementara itu, broad spectrum dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet A (UVA) yang bisa menyebabkan penuaan dini dan kanker kulit.

Baca juga : Review Nivea Body Lotion SPF 50+, Cocok untuk Berenang

Aplikasikan tabir surya secara merata ke seluruh wajah dan tubuhmu 20 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Ulangi aplikasi tabir surya setiap 2 jam sekali, atau lebih sering jika kamu berkeringat atau berenang.

Pilih tabir surya yang berbentuk lotion atau krim, bukan semprotan atau bedak. Hindari tabir surya yang mengandung oksibenzon, avobenzon, atau oktinoksat, karena dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit sensitif.

Baca Juga:  Urutan Basic Skin Care untuk Pemula, Jangan Skip Biar Maksimal!

3. Hindari paparan sinar matahari langsung

Kalau kamu harus beraktivitas di luar ruangan saat matahari sedang terik, lindungi kulitmu dengan mengenakan pakaian yang menutupi tubuhmu, topi lebar, dan kacamata hitam.

Pakaian dengan bahan katun atau linen, pakaian dengan lengan panjang dan celana panjang, topi lebar, dan kacamata hitam dengan lensa hitam atau coklat adalah pilihan yang tepat untuk melindungi kulit sensitif dari sinar matahari.

Kamu juga bisa menggunakan payung atau tabir surya portabel untuk melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari langsung.

4. Bersihkan wajah dengan lembut

Membersihkan wajah secara rutin penting untuk menjaga kesehatan kulit. Namun, jika kamu memiliki kulit sensitif, penting untuk membersihkan wajah dengan lembut untuk menghindari iritasi. Jangan membersihkan kulit terlalu sering atau terlalu keras, karena dapat menghilangkan minyak alami dan merusak skin barrier.

Pilihlah pembersih wajah dengan label “gentle” atau “sensitive“. Pembersih wajah dengan kandungan bahan-bahan yang menenangkan kulit, seperti ceramide, hyaluronic acid, dan glycerin, juga bisa membantu.

Gunakan pembersih wajah dengan gerakan melingkar yang lembut. Hindari menggosok wajahmu terlalu keras.

5. Gunakan pelembap yang tepat

Kulit sensitif cenderung kering dan mudah iritasi. Makanya, penting banget untuk menggunakan pelembap yang tepat untuk menjaga kelembapan kulitmu.

Pilihlah pelembap dengan label “hypoallergenic” atau “non-comedogenic“. Pelembap dengan kandungan bahan-bahan yang menenangkan kulit, seperti ceramide, hyaluronic acid, dan glycerin, juga bisa membantu.

Pilihlah pelembap yang memiliki tekstur ringan dan tidak lengket. Hindari pelembap yang mengandung asam salisilat, asam glikolat, atau retinoid, karena dapat menyebabkan pengelupasan kulit.

Gunakan pelembap setelah mandi, dan ketika kulit sudah terasa kering.

6. Lakukan perawatan kulit secara rutin

Perawatan kulit secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan kulitmu. Lakukan perawatan kulit secara rutin, seperti eksfoliasi dan masker wajah, untuk mengangkat sel kulit mati dan menjaga kulitmu tetap sehat.

Eksfoliasi dengan bahan-bahan alami, seperti gula atau oatmeal, bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan membuat kulitmu terasa lebih halus.

Masker wajah dengan kandungan bahan-bahan yang menenangkan kulit, seperti chamomile atau aloe vera, bisa membantu mengurangi iritasi dan menjaga kulitmu tetap lembap.

Nah, itu dia beberapa tips perawatan kulit sensitif matahari yang gampang diterapkan. Dengan mengikuti tips-tips di atas, kulit sensitifmu bisa tetap sehat dan terhindar dari iritasi. Kalau kamu punya rekomendasi produk perawatan kulit sensitif, bisa coba tulis di kolom komentar ya.

Windi Listya

Owner Skinmoe.com & Skin Care Enthusiast

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.