6 Penyebab Rambut Bercabang yang Harus Dihindari

Penyebab Rambut Bercabang

Merasa tidak percaya diri karena ujung rambut kering dan terbelah dua? Sebaiknya cari tahu penyebab rambut bercabang, karena itu adalah salah satu tanda rambut bercabang yang kurang sehat.

Rambut adalah mahkota wanita yang harus selalu kita rawat dan jaga agar tidak mengalami masalah rambut yang serius. 

Perawatan rambut yang paling mudah adalah dengan mencuci rambut dan menggunakan kondisioner agar rambut tetap ternutrisi dan bersih.

Namun, Sebagian orang tetap mengalami masalah rambut bercabang yang disebabkan oleh beberapa faktor. 

Penyebab Rambut Bercabang

Jika kamu sedang memiliki masalah rambut bercabang, Jangan sedih dulu ya. Hal ini bukanlah akhir dari segalanya dan rambut kamu tidak akan mengalami kerontokan yang parah kok. Berikut ini beberapa penyebab rambut bercabang yang mungkin sedang kamu alami:

Menyisir Rambut terlalu Kasar

Penyebab rambut bercabang yang pertama adalah menyisir rambut dengan kasar. Mungkin kamu sedang terburu-buru hendak berangkat kerja atau kuliah, sehingga hal ini sering dilakukan. Rambut yang sedang dalam keadaan basah, sebaiknya tidak disisir dengan kasar. 

Pada saat itu, kondisi rambut sedang rapuh dan rentan menjadi rusak. Tunggulah dulu hingga rambut kering, baru kemudian kamu sisir rambutnya dengan perlahan.

Mewarnai Rambut

Siapa yang sering gonta-ganti warna rambut? Pasti lumayan sering nih mengalami yang namanya rambut bercabang. 

Proses pewarnaan rambut menggunakan bahan kimia yang menjadikan rambut kehilangan lipidnya. Lipid seharusnya dapat menjaga serat rambut agar tetap menyatu dan tidak terpisah, yang menyebabkannya jadi bercabang.

Jarang Pakai Kondisioner

Sebaiknya, setelah mencuci rambut dengan sampo, kamu harus menggunakan kondisioner. Jika penyebab rambut bercabang kamu karena jarang pakai kondisioner, Mulailah menggunakannya secara teratur untuk mengurangi masalah rambut bercabang tersebut.

Membiarkannya Kering 

Penyebab rambut bercabang lainnya adalah karena kita membiarkan rambut terkena panas sehingga menjadi kering. 

Bukan hanya karena panas dari sinar matahari, Rambut bercabang juga bisa jadi karena penggunaan alat pengering rambut seperti hair dryer serta alat catokan rambut. Panas yang dihasilkan tersebut dapat membuat akar rambut menjadi rapuh dan mudah patah.

Penggunaan Produk Perawatan Rambut yang Tidak Tepat

Meskipun kita sudah mencuci rambut dengan sampo, Namun kandungan dalam pembersih rambut ini adalah bahan-bahan kimia. 

Baca Juga:  6 Rekomendasi Vitamin untuk Rambut Rontok Terbaik

Beberapa produk sampo yang memiliki kandungan Sodium lauryl sulfate yang memunculkan efek busa pada rambut, adalah zat yang dapat mengurangi kelembapan alami rambut. 

Rambut bercabang bisa muncul karena efek kering dari penggunaan sampo busa dalam jangka waktu yang lama. 

Kebiasaan yang Salah Pada Rambut 

Kebiasaan pada rambut yang salah juga bisa menjadi penyebab rambut bercabang yang cukup serius. Beberapa kebiasaan yang salah ini seperti menyisir rambut dengan paksa, mengikat rambut sangat kencang. 

Selain itu, mencuci rambut menggunakan air panas, membungkus rambut menggunakan handuk atau mengikat rambut dalam keadaan basah juga bisa menjadi penyebab rambut bercabang yang paling sering dialami. 

Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Setelah mengetahui penyebab rambut bercabang yang mungkin sedang kamu alami, Saatnya mencari tahu cara mengatasi rambut bercabang, agar masalah rambut ini bisa segera teratasi. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:

1. Menggunting Bagian Ujung Rambut

Cara termudah untuk menghilangkan penyebab rambut bercabang adalah dengan menggunting ujung rambut setiap 6 hingga 8 minggu sekali. Lakukan secara berkala, untuk hasil yang lebih baik. 

2. Menggunakan Masker rambut dan Kondisioner

Aplikasikan kondisioner pada rambut sehabis keramas, agar rambut bercabang lebih ternutrisi dan menjadi lembut. Sementara itu, lanjutkan dengan menggunakan masker rambut seminggu sekali, agar kelembapan rambut bertambah sehingga rambut lebih lembut maksimal.

3. Menghindari Paparan Sinar UVA dan UVB Langsung ke Rambut

Paparan sinar matahari langsung ke rambut, dapat merusak bagian kutikula rambut kita. Itulah kenapa rambut bisa menjadi bercabang dan mudah patah. Cara mengatasi penyebab rambut bercabang satu ini adalah dengan menggunakan pelindung seperti topi atau payung ketika berada di luar ruangan.

4. Membatasi Penggunaan Alat Penata Rambut

Alat penata rambut yang bikin rambut kamu cantik, ternyata tidak baik sering digunakan oleh pemilik rambut bercabang. Sebaiknya hindari pemakaian alat penata rambut ini, agar rambut bercabang tidak jadi lebih parah. 

Bila memang perlu menggunakannya, Sapukan terlebih dulu serum rambut atau pelindung rambut agar rambut lebih tahan terhadap panas yang dihasilkan peralatan tersebut. 

5. Mencukupi Rambut dengan Nutrisi untuk Rambut

Penyebab rambut bercabang juga bisa kita atasi dengan mencukupi nutrisi rambut secara maksimal. 

Beberapa nutrisi yang dibutuhkan rambut seperti Zinc, protein, vitamin C, vitamin A dan zat besi. Beberapa nutrisi ini bisa kamu dapatkan dari makanan dan buah-buahan. 

Agar rambut tetap menjadi “mahkota” bagi kita, Maka sebagai wanita, kita harus memaksimalkan perawatan rambut dan menjaganya agar tetap sehat dan terhindar dari penyebab rambut bercabang dan masalah rambut lainnya. Selamat mencoba!

Tia Firmansyah

Kontributor Aktif di Skinmoe.com

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.