Pilih Pakai Sunscreen Atau Pelembab Dulu?

Sunscreen atau pelembab

Sunscreen atau Pelembab? Mana yang didahulukan? Melakukan rutinitas perawatan kulit, biasanya akan mengaplikasikan lebih dari satu produk. Sementara itu beberapa produk tidak semuanya bisa digunakan. Karena tergantung dari kulit dan tujuan penggunaannya. Misalnya saja sunscreen dan pelembab, adalah hal yang mutlak harus Anda gunakan setiap hari.

Ketika Anda ingin menghabiskan waktu di luar atau di dalam ruangan, maka Anda perlu tahu kapan dan apa saja produk perawatan kulit yang harus digunakan. Anda tidak bisa menggunakan produk yang sama untuk dua kondisi yang berbeda.

Jika Anda masih ragu apakah akan menggunakan pelembab terlebih dulu atau sunscreen Anda, artikel ini akan membantu untuk memilihnya.

Jenis Sunscreen

Sunscreen atau tabir surya memiliki berbagai jenis. Masing-masing punya komposisi yang berbeda, tergantung dari cara bekerjanya dan siapa yang menggunakannya. Sunscreen yang umum tersedia dikategorikan menjadi 2 jenis :

A. Sunscreen Kimia

Tabir surya ini mengandung bahan-bahan seperti oxybenzone, octisalate, azobenzone, dan lain-lain. Sunscreen kimia mampu menyerap sinar UV dari matahari dan mengubahnya menjadi energi panas yang bisa dikeluarkan dari kulit Anda.

Formulasi sunscreen ini menyerap ke dalam kulit dengan cepat dan biasanya tahan air. Jadi, jika Anda akan berenang atau beraktivitas yang bakal mengeluarkan keringan, sunscreen kimia akan bekerja paling baik.

B. Sunscreen Fisik

Juga dikenal sebagai sunscreen mineral. Bahan sunscreen fisik secara umum dari titanium dioksida dan seng oksida. Fungsi tabir surya ini sebagai pelindung, membelokkan radiasi matahari yang berbahaya dan tidak membiarkan sinar UV masuk ke kulit. Tetapi sunscreen tipe ini memiliki karakter lebih berat di kulit dan kadang meninggalkan warna keputihan di area yang diaplikasikan.

Sunscreen fisik merupakan pilihan yang baik jika Anda memiliki kulit yang sensitif. Karena sunscreen ini tidak meresap ke dalam kulit, tetapi hanya berada di permukaan kulit saja. Sehingga tidak membuat kulit iritasi.

Jadi Mengaplikasikan Sunscreen atau Pelembab Dulu?

Sunscreen atau Pelembab dulu? Jawabannya adalah tergantung dari jenis sunscreen yang digunakan. Kebanyakan ahli telah menyarankan, kalau Anda bisa menggunakan tabir surya kimia secara langsung pada kulit Anda. Karena nanti akan mudah diserap kulit dan memberikan perlindungan yang efektif terhadap sinar UV.

Baca Juga:  Cara Menjaga Kulit Terhidrasi, Sehat, dan Glowing

Kalau Anda mengoleskan pelembab sebelum mengoleskan tabir surya kimia, nantinya pelembab malah bisa jadi penghalang dan tabir surya tidak bisa bekerja secara efektif.

Sebaliknya, karena sifat dari tabir surya fisik adalah sebagai penghalang dan pelindung yang memantulkan sinar matahari dari kulit, maka yang terbaik adalah menggunakan sunscreen ini sebagai lapisan paling atas. Jadi jika Anda menggunakan sunscreen fisik, gunakan pelembab dan produk perawatan kulit lainnya sebelum mengoleskan tabir surya.

Berapa Lama Jeda Antara Menggunakan Sunscreen & Pelembab?

Pelembab dan Sunscreen memiliki perannya masing-masing dalam perawatan kulit. Pelembab menjaga kulit agar tetap terhidrasi, sedangkan sunscreen melindungi kulit dari radiasi berbahaya akibat paparan sinar matahari. Jadi agar setiap produk berfungsi dengan efektif, idealnya Anda tidak mencampurnya atau menggunakannya satu per satu.

Ketika Anda pakai sunscreen atau pelembab dulu, berikan jeda waktu 15 hingga 20 menit di antara kedua produk. Ini akan memungkinkan produk yang dioleskan terlebih dulu diserap sepenuhnya ke dalam kulit, sebelum anda menerapkan yang kedua. Dengan cara ini pelembab atau tabir surya tidak akan bereaksi silang atau mengganggu kerja satu sama lain.

Beberapa Hal yang Perlu Diingat tentang Sunscreen & Pelembab

  • Gunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih, dan sebaiknya gunakan yang tahan air.
  • Sebaiknya gunakan sunscreen dengan spektrum luas yang menghalangi sinar UV A dan UV B.
  • Radiasi UV tidak hanya menyebabkan photodamage pada kulit, tetapi juga bisa menyebabkan kanker kulit. Oleh karena itu gunakan sunscreen yang aman digunakan dalam jangka panjang.
  • Terakhir, Anda bisa memilih produk yang memiliki sifat pelembab dan tabir surya untuk menghindari masalah ini. Jadi satu produk sudah ada dua unsur ini. Tetapi pastikan produk tersebut memiliki SPF yang cukup tinggi untuk melindungi kulit Anda di luar ruangan.

Kesimpulan

Produk perawatan kulit seperti pelembab dan sunscreen dirancang agar sesuai dengan jenis kulit tertentu dan mungkin mengandung bahan berbeda. Dalam penggunaannya diperlukan lebih baik terus dilakukan pemantauan dan melihat reaksi atau dampak apa yang dirasakan.

Tetapi yang terpenting, jangan lupa untuk menggunakan keduanya agar Anda mendapatkan kulit yang sehat bercahaya dan mencegah penuaan dini.

Itulah jawaban tentang pilih pakai sunscreen atau pelembab dulu. Semoga Anda bisa mengaplikasikannya dengan benar pada kulit Anda.

Tia Firmansyah

Kontributor Aktif di Skinmoe.com

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.