5 Minyak Terbaik untuk Kulit Mu

Minyak Terbaik untuk Kulit

Ada banyak pilihan minyak terbaik untuk kulit yang mampu memberikan nutrisi alami dan menghindari dehidrasi. Mungkin yang sudah biasa dipakai adalah Olive Oil. Minyak memang bagus baik untuk kulit maupun kesehatan dalam tubuh. Tetapi sebenarnya masih banyak minyak yang dengan kemampuan alaminya dapat menjadikan booster kecantikan untuk kulit kita.

Dan tentunya dari minyak ini bisa menjadi solusi untuk pelembab konvensional.

Kalau bicara soal face oil, ada yang beranggapan kalau nanti membuat wajah menjadi berminyak. Padahal itu tidak, karena produk-produk face oil itu telah diracik dengan berbagai bahan yang baik untuk kulit, seperti polifenol, asam lemak, dan antioksidan. Semua itu bisa membantu mengurangi peradangan dan membuat kulit semakin bercahaya.

Kalau kamu ingin menghilangkan kemerahan di wajah, menghentikan iritasi akibat jerawat, membuat kulit menjadi kenyal, atau sekadar ingin melembabkan, baca terus artikel ini untuk menemukan minyak terbaik untuk kulit kamu.

Minyak Kelapa

Minyak Kelapa

Apa itu Minyak Kelapa : Pasti semua sudah tahu, minyak kelapa adalah minyak yang berasal dari kelapa. Ini merupakan minyak nabati yang memiliki bau harum dan sangat bagus untuk perawatan kulit bahkan sampai smoothie ada yang menggunakan minyak ini. Minyak kelapa dibuat dengan menekan kadar lemak dari dalam daging kelapa. Minyak ini sudah banyak digunakan untuk berbagai hal, karena memiliki sifat terapeutik. Direkomendasikan menggunakan minyak kelapa muda atau Virgin Coconut Oil.

Mengapa ini bekerja untuk kulit : Minyak kelapa memiliki kandungan Vitamin E cukup tinggi, oleh sebab itu banyak pelembab konvensional menggunakan minyak kelapa sebagai salah satu bahan utamanya. Kandungan asam lemaknya yang tinggi, membuat minyak kelapa sebagai ‘pengunci’ agar kulit tetap lembab. Minyak kelapa juga sebagai antibakteri dan antijamur, membantu melindungi kulit dan rambut dari partikel-partikel jahat. Ngomong-ngomong, minyak kelapa ini baunya enak, khas banget.

Cara menggunakannya : Simpan minyak kelapa dalam suhu kamar. Aplikasikan ke kulit dengan lembut dan mungkin akan terasa berat untuk mereka yang memiliki kulit berminyak. Minyak kelapa ini juga bisa digunakan sebagai krim cukur atau sebagai kondisioner rambut yang mampu memberikan kelembaban. Bisa juga diimplementasikan sebagai lotion tanpa harus dibilas setelahnya.

Minyak Argan

Minyak Argan

Apa itu Minyak Argan : Minyak Argan adalah minyak terbaik untuk kulit yang dihasilkan dari ekstraksi kacang pohon argan yang ada di Maroko. Minyak ini merupakan pelembab alami yang menenangkan dan cocok untuk semua jenis kulit.

Mengapa ini bekerja untuk kulit : Minyak argan memiliki kandungan vitamin E, antioksidan, asam lemak esensial yang baik untuk kulit. Minyak ini cukup ringan apabila ingin digunakan setiap hari sebagai pelembab. Selain itu juga bisa digunakan untuk merawat kulit yang kondisinya cukup parah, seperti kasus eksim atau rosacea. Karena sifat antioksidannya, minyak argan mampu bekerja untuk meningkatkan elastisitas kulit dengan menangkal kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Sehingga membuat kulit semakin bercahaya.

Cara menggunakannya : Minyak argan tidak hanya untuk kulit kering, tetapi minyak ini juga mampu menjadi penolong untuk mereka yang memiliki masalah kulit berminyak. Penggunaannya bisa dilakukan setiap hari, baik ketika sebelum menggunakan make up, maupun ketika malam hari untuk perawatan biasa. Selain untuk kulit, minyak argan juga bagus untuk rambut dan kuku yang kering.

Minyak Biji Rosehip

Minyak Biji Rosehip

Apa itu minyak biji rosehip : Kalau kamu ingin mendapatkan wajah yang kencang dan kenyal, maka minyak biji rosehip ini adalah minyak antiaging alami yang terbaik. Minyak ini adalah hasil ekstraksi dari biji varietas mawar tertentu dengan metode cold-press. Tanaman ini sebagai besar ditanam di daerah Chili.

Baca Juga:  Pilih Pakai Sunscreen Atau Pelembab Dulu?

Mengapa ini bekerja untuk kulit : Minyak biji rosehip ini sangat kaya akan asam lemak esensial. Dan mengandungan banyak vitamin seperti Vitamin E, C, dan beta karoten. Kandungannya ini mampu membantu melindungi dan menjaga kulit dari dehidrasi. Selain itu juga mampu melawan kerusakan kulit yang diakibatkan oleh radikal bebas. Dan tentunya mampu mengurangi kerutan wajah, karena ini adalah antiaging alami. Akhirnya kulit menjadi kembali elastis dan kenyal. Bintik hitam pada wajah pun juga bisa hilang. Buat yang punya bekas luka, minyak ini juga bisa dijadikan solusi.

Cara menggunakannya : Banyak orang mengatakan kalau minyak biji rosehip ini adalah “minyak kering”, karena sifatnya yang mudah meresap ke kulit. Dalam implementasinya, minyak ini bisa dikolaborasikan dengan minyak atau lotion lain sebagai pelembab maupun antiagingi yang bisa digunakan secara intensif.

Minyak Marula

Minyak Marula

Apa itu minyak marula : Minyak ini berasal dari kacang buah Marula yang ada di Afrika. Ini merupakan salah satu minyak terbaik untuk kulit karena kemampuannya yang serba guna. Memiliki tekstur yang ringan dan bermanfaat untuk kecantikan wajah. Minyak Marula ini tidak hanya bisa mengurangi masalah kulit kering, tetapi juga membantu mengatasi iritasi dan peradangan.

Mengapa ini bekerja untuk kulit : Minyak marula memiliki asam lemak yang tinggi. Bahkan konon mengandung 60 persen lebih banyak antioksidan dibanding minyak lainnya. Ini berarti minyak marula memiliki kemampuan untuk pelawan penuaan dan kerusakan akibat sinar matahari yang lebih baik. Minyak marula juga bersifat antimikroba, sehingga sangat cocok untuk kulit yang iritasi dan berjerawat.

Cara menggunakannya : Ini adalah minyak serbaguna yang tidak hanya bisa digunakan untuk kulit saja. Rambut dan kuku juga bisa menggunakan minyak ini. Karena minyak ini cepat meresap ke dalam kulit, maka dari itu minyak marula ini bisa digunakan sebelum berhias atau bisa juga dicampur dengan foundation agar bisa menghasilkan kilau bercahaya.

Minyak Jojoba

Minyak Jojoba

Apa itu minyak jojoba : Minyak ini hasil ekstraksi dari tanaman asli dari Amerika Utara. Minyak Jojoba adalah minyak terbaik untuk kulit yang dapat digunakan untuk perawatan jerawat hingga kulit rusak akibat terbakar sinar matahari. Secara struktural dan kimiawi, minyak ini mirip dengan sebum manusia (zat berminyak yang memiliki warna kuning yang berasal dari kelenjar minyak yang ada pada kulit).

Mengapa ini bekerja untuk kulit : Minyak ini mirip dengan struktur zat yang ada pada kulit kita, sehingga minyak jojoba ini bisa melarutkan minyak jika kamu memang tergolong yang memiliki minyak berlebih. Untuk itu, minyak ini mampu menjadi penyeimbang produksi sebum dan bisa menghilangkan jerawat. Minyak ini juga berfungsi sebagai emolien yang mampu menenangkan kulit dan kelembaban sepanjang hari.

Cara menggunakannya : Untuk yang memiliki kulit berminyak, bisa menggunakan beberapa tetes di pagi atau malam hari. Agar bisa menjaga kelembaban dan menyeimbangkan warna kulit. Minyak ini juga bisa digunakan pengganti body lotion bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Tidak hanya untuk kulit, Minyak jojoba juga bisa digunakan untuk rambut, khususnya mereka yang memiliki masalah ketombe.

Kesimpulan

Mengontrol minyak wajah merupakan salah satu cara untuk menjaga kecantikan. Melakukan perawatan dan pengobatan secara alami tentu akan sangat menghemat anggaran perawatan dibanding menggunakan produk perawatan kulit yang umum di pasaran. Jadi, mengapa tidak berpindah dan mencoba perawatan yang alami dan hemat untuk kulit kamu?

Itulah 5 rekomendasi minyak terbaik untuk kulit mu, semoga bisa dijadikan referensi untuk perawatan kulit yang alami.

Tia Firmansyah

Kontributor Aktif di Skinmoe.com

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.