Manfaat Vitamin E untuk Kulit

Manfaat Vitamin E untuk Kulit

Vitamin E memiliki segudang manfaat, terutama untuk kulit. Manfaat vitamin E untuk kulit ini bisa kita lihat dari produk-produk pelembab yang biasa kita gunakan, yang mana pasti selalu ada kandungan Vitamin E nya.

Mengapa Vitamin E sangat diperlukan untuk kulit? Menurut Dr Niketa Sonavane, Pendiri Ambrosia Asthetics di India, Vitamin E adalah antioksidan yang mampu membantu memerangi radikal bebas, yakni molekul yang bisa menyebabkan kerusakan DNA dalam sel. Vitamin E adalah bahan yang memiliki gizi tinggi dan bisa menghidrasi kulit sampai ke dalam.

Menurutnya, Vitamin E ini juga mampu untuk memperbaiki kerusakan sel akibat radikal bebas. Fungsinya bisa sebagai vitamin antioksidan dan minyak. Di beberapa produk perawatan kulit, biasanya akan ditambahkan kandungan Vitamin E di dalamnya.

Vitamin E merupakan nutrisi yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh kita sendiri. Karenanya untuk memenuhi kebutuhan Vitamin E, perlu mengonsumsi kacang-kacangan maupun biji-bijian. Tetapi kadang dari asupan makanan masih belum mencukupi, untuk itu perlu juga diimbangi dengan suplemen atau produk perawatan kulit yang memiliki kandungan Vitamin E.

Di dalam tubuh, Vitamin E disimpan di kulit, tepatnya di kelenjar sebaceous yang letaknya di dasar folikel rambut. Vitamin E diangkut ke kulit oleh tubuh melalui sebum, yakni zat berminyak yang melindungi dan melumasi kulit.

Manfaat Vitamin E untuk Kulit

Memperkuat Lapisan Kulit Terluar. Vitamin E adalah salah satu nutrisi yang terbaik dalam hal memperkuat lapisan kulit terluar terhadap kerusakan dari waktu ke waktu. Menurut Dr Sonavane, Vitamin E mampu menutup celah-celah kecil yang ada lapisan kulit terluar. Yang memungkinkan bakal menyebabkan lembab keluar dari celah itu dan membuat kulit menjadi kering. Lapisan kulit terluar yang sehat ditandai dengan kulit yang kenyal, terhidrasi, dan tidak sensitif.

Melembabkan Kulit. Produk dengan kandungan vitamin E mampu memberikan retensi kelembaban yang lebih tahan lama di antara sel-sel kulit. Penggunaan suplemen oral yang mengandung vitamin E, mungkin akan kurang efektif. Disarankan untuk menggunakan vitamin E sebagai pelembab.

Baca Juga:  Penyakit Kulit Wajah : Gejala dan Cara Mengobatinya

Mengontrol Kerusakan Kulit Akibat UV. Kita tahu bahwa sinar ultraviolet (UV) memiliki bahaya yang serius untuk kulit. Vitamin E mampu menyerap energi keras yang bersumber dari UV. Untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV ini, penggunaan tabir surya yang mengandung Vitamin E dan C akan sangat bagus.

Bersifat Antiaging. Manfaat vitamin E untuk kulit yang cukup signifikan adalah kemampuannya untuk mempercepat penyembuhan kerusakan kulit, seperti luka bakar. Vitamin E bersifat Antiaging dan antioksidan, sehingga mampu menyembuhkan kulit terbakar dan iritasi. Kerutan di kulit juga bisa berkurang jika rutin menggunakan. Jika vitamin E digunakan secara rutin, kulit akan terlihat lebih kenyal dan awet muda. Karena ini akan mempercepat proses sistesis kolagen.

Bersifat Anti-inflamasi. Vitamin E juga bisa membantu dalam merawat kulit yang terkena eksim atau psoriasis. Selain itu juga membuat warna kulit jadi merata. Sifat anti-inflamasinya juga dapat membantu memerangi pembengkakan, kemerahan, dan iritasi dengan memberikan nutrisi secara mendalam.

Cara Mengaplikasikan Vitamin E ke Dalam Rutinitas Perawatan Kulit Anda

Menggunakan vitamin E secara rutin adalah cara terbaik untuk memberikan nutrisi pada kulit Anda. Caranya bisa dengan menggunakan pelembab dan krim yang mengandung vitamin E. Selain itu juga bisa dengan konsumsi makanan seperti bayam, biji labu, minyak kedelai, brokoli, almond, kacang tanah, dan lainnya.

Untuk pengaplikasiannya bisa dengan mengoleskan minyak vitamin E murni pada wajah atau bisa menggunakan produk yang diformulasikan dengan bahan tersebut. Biasanya vitamin E terdapat di pelembab, serum, dan minyak wajah. Cara paling mudah adalah melihat daftar kandungan pada produk yang ingin dibeli.

Syarat & Ketentuan Berlaku

Manfaat Vitamin E untuk kulit memang luar biasa, akan tetapi penggunaannya juga perlu diawasi. Vitamin E tidak direkomendasikan bagi orang yang memiliki kulit sensitif, berminyak, atau berjerawat. Menurut Dr Sonavane, jika Anda baru pertama kali menggunakan Vitamin E untuk kulit dan kondisi kulit Anda sensitif, cobalah untuk memulainya dengan pelembab, serum dengan konsentrasi yang lebih kuat.

Kalau kulit Anda berminyak, maka jangan menggunakan vitamin E secara terpisah. Gunakan produk kombinasi yang mengandung vitamin E.

Tia Firmansyah

Kontributor Aktif di Skinmoe.com

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.