Cara Menjaga Kulit Terhidrasi, Sehat, dan Glowing

Cara Menjaga Kulit Terhidrasi

Cara Menjaga Kulit Terhidrasi. Ada penelitian yang mengatakan bahwa di Amerika Serikat terdapat sekitar 8,4 juta orang yang memiliki kulit kering. Efek dari kulit kering dapat bervariasi. Mulai dari gangguan ringan hingga masalah serius yang menyebabkan rasa sakit bahkan timbul penyakit kulit.

Kalau kamu juga memiliki kulit kering, sangat penting untuk secara rutin menjaga kulit terhidrasi, sehat, dan tetap glowing. Caranya dengan melakukan perawatan yang rutin dan konsisten. Kamu bisa merawat kulit dengan cara yang paling mudah dilakukan agar kulit bisa tetap tampak bersinar meskipun tanpa make up.

Sayangnya, cara menjaga kulit tetap terhidrasi kebanyakan perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk produk pelembap. Padahal ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan setiap hari untuk bisa menjaga kesehatan kulit agar tetap lembap dalam waktu yang lama.

Cari tahu cara menjaga kulit terhidrasi agar selalu cantik dan glowing di usia berapa pun.

Tidur yang cukup

Jangan menyepelekan masalah tidur. Salah satu tips terbaik untuk menjaga kulit tetap terhidrasi adalah dengan tidur yang cukup. Bagi banyak orang, ini mungkin cara yang sulit untuk dilakukan, tetapi ini sangat penting. Tidur dapat membantu kesehatan kulit kamu secara mandiri.

Tidur yang cukup juga dapat membangun mengurangi stres. Stres memiliki efek langsung ke kesehatan kulit. Ketika kamu tidur setidaknya tujuh sampai sembilan jam per hari, kulit kamu akan memiliki cukup waktu untuk regenerasi dan memperbaiki tekstur, hidrasi, jerawat, dan banyak lagi.

Kamu mungkin sudah melihat kalau suplemen kolagen adalah tren kecantikan yang akhir-akhir ini jadi populer. Tak jarang yang akhirnya banyak yang mencoba membeli produk skincare yang mengandung kolagen. Padahal kamu bisa meningkatkan kolagen dengan cara yang mudah dan murah, yaitu dengan tidur. Ketika kamu tidur, kulit akan melakukan pergantian sel dan menghasilkan lebih banyak kolagen untuk membantu mengencangkan dan meremajakan kulit yang sehat.

Tetap Terhidrasi Sepanjang Hari

Kita harus mengakui bahwa pelembap dan serum itu memang penting. Karena hidrasi itu juga perlu dilakukan dari dalam dan luar. Minum air yang cukup sepanjang hari adalah cara mudah untuk menghidrasi seluruh sekaligus akan membuang racun.

Dehidrasi memiliki efek yang luas, termasuk kulit yang menjadi kering dan membuatnya menjadi terlihat kusam.

Ketika kamu minum setidaknya delapan gelas air putih per hari dan tidur yang cukup, kamu akan terkejut ketika melihat betapa cerahnya kulit kamu dalam beberapa waktu ke depan.

Agar tetap terhidrasi, cobalah untuk tetap mengonsumsi air atau teh sebagai minuman utama kamu. Minuman lain seperti soda dan kopi sebaiknya dikurangi karena itu tidak memberikan efek hidrasi yang cukup untuk tubuh. Yang ada minuman tersebut justru akan menghabiskan jumlah air yang ada dalam tubuh kamu.

Melindungi Kerusakan dari Sinar Matahari

Banyak orang tidak menyadari betapa pentingnya tabir surya (sunscreen) sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit. Perlu kamu tahu, tidak ada yang akan mengeringkan kulit kamu lebih dari sinar matahari. Kamu mungkin akan cuek kalau cuma terkena satu dua kali, tetapi sinar matahari akan membuatmu menua dengan cepat seiring berjalannya waktu. Karena kulit akan terdehidrasi dan memiliki banyak kerutan.

Baca Juga:  Review Nivea Body Lotion SPF 50+, Cocok untuk Berenang

Coba kamu lihat orang-orang yang aktivitas hariannya di bawah sinar matahari langsung tanpa menggunakan sunscreen, selain kulitnya akan menghitam, kulit akan menjadi kering dan berkerut. Padahal usianya masih termasuk muda.

Ketika kamu banyak beraktivitas di luar, pastikan untuk rutin menggunakan tabir surya. Tutupi bagian tubuh yang cenderung lebih kering, termasuk wajah, leher, dan tangan.

Melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari akan membuat kulitmu terhidrasi dalam waktu yang lama. Sehingga kamu akan mendapatkan kulit yang tetap sehat dan awet muda meskipun usia sudah menua.

Eksfoliasi untuk Menghilangkan Kulit Mati

Eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati adalah cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kulit mati dan memberi ruang buat kulit baru yang lebih segar dan sehat. Eksfoliasi juga perlu dilakukan terutama buat kamu yang punya kulit kering.

Pengelupasan memiliki berbagai manfaat, dan ini merupakan bagian penting dari cara menjaga kulit kering tetap terhidrasi. Kamu bisa melakukan eksfoliasi secara fisik atau kimiawi, dan sebaiknya gunakan dua cara itu sepanjang minggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

Dengan eksfoliasi fisik, tidak akan menyebabkan microtears di seluruh kulitmu. Karena mereka cukup lembut. Gunakan ekspoliasi fisik seminggu sekali untuk menghilangkan kulit mati dengan cepat.

Pengelupasan kimia seperti dengan AHA, itu lebih baik daripada kamu harus merasakan pori-pori yang tersumbat. Pengelupasan kimia akan melepaskan sel kulit mati dan kotoran yang mungkin menempel di pori-pori.

Setelah pengelupasan, kulit akan lebih mudah menyerap hidrasi dari pelembap maupun serum.

Gunakan Pelembap yang Tepat

Saat ini memilih pelembap sangat melelahkan. Karena ada begitu banyak produk yang bisa dipilih. Tetapi yang terpenting dalam mencari pelembap adalah dengan mempertimbangkan jenis kulit kamu.

Jika kamu memiliki kulit kombinasi, kering dan rawan dengan jerawat, kamu mungkin perlu pelembap berbahan dasar air yang ringan. Di sisi lain, jika kamu memiliki kulit yang sangat kering, kamu bisa memanfaatkan pelembap berbahan dasar krim yang lebih kental.

Pilih produk dengan bahan yang memberikan manfaat dalam jangka panjang, seperti asam hialuronat dan lanolin. Bahan-bahan ini akan mengunci kelembapan sepanjang hari sehingga kamu tidak perlu mengoleskan pelembap lagi.

Memberikan Lapisan Lain untuk Manfaat Maksimal

Cara menjaga kulit terhidrasi yang hebat lainnya adalah dengan melapisi kulit kamu dengan produk yang berbeda di setiap rutinitas perawatan kulitmu. Alih-alih mengandalkan satu pelembap, kamu bisa meningkatkan manfaatnya dengan serum.

Setiap kali melapisi dengan produk skincare lain, pastikan kamu beralih dari yang ringan ke berat. Mulanya kamu bisa membersihkan, mengencangkan, mengaplikasikan serum ringan, dan dilanjutkan dengan pelembap yang lebih berat.

Serum mengandung konsentrasi tinggi dari produk tertentu, sehingga bekerja lebih dalam di kulitmu. Pertimbangan serum dengan asam hialuronat yang dapat meresap ke dalam kulit sepanjang hari.

Gunakan Humidifier di Malam Hari

Ketika cuaca sangat kering dan dingin, kamu perlu mengondisikan tubuh untuk tetap terhidrasi. Kamu bisa membantu kulit untuk tetap terjaga kelembapannya dengan menggunakan humidifier atau pelembab udara.

Ketika kamu tidur, humidifier dapat membantu membawa kelembapan ke kulitmu. Lingkungan yang lembap juga memastikan kulit tidak kering dalam semalam. Akan lebih baik lagi jika kamu menggunakan essential oil ke dalam humidifier. Tapi pastikan memiliki essential oil yang bisa bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Fitrya Nur Baity

Kontributor Aktif di SKINMOE.com, cek artikel terbarunya di sini.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.