5 Fungsi Concealer Pada Wajah dan Cara Aplikasinya

Fungsi Concealer pada Wajah

Kamu ingin menutupi bagian gelap dan mengganggu di area wajah ketika make up? Pakai concealer saja. Fungsi concealer memang untuk menutupi kondisi tersebut dan memaksimalkan riasan kamu.

Selain foundation dan bedak terbaik, salah satu produk make up yang wajib kamu miliki adalah concealer. Ada banyak jenis concealer yang dijual di pasaran dan bisa kamu coba.

Bagi kamu yang belum tahu tentang concealer, berikut ini penjelasan tentang concealer, cara menggunakan concealer dan  fungsi concealer untuk wajah:

Apa Itu Concealer dan Bedanya dengan Foundation?

Concealer adalah salah satu bagian penting dalam perlengkapan make up yang berfungsi menyamarkan bagian gelap serta mengganggu pada bagian wajah.

Ketika concealer diaplikasikan pada bagian gelap di area wajah, maka hasilnya, kulit kamu akan tampak lebih mulus dibandingkan warna kulit aslinya.

Sekilas, concealer mirip dengan foundation, baik dari jenis maupun fungsinya. Meskipun sama-sama dapat membantu meratakan warna kulit, concealer sepertinya lebih unggul.

Concealer bertekstur lebih kental dan pigmented untuk menutupi noda hitam di wajah. Sedangkan foundation lebih cair dan biasanya digunakan untuk menutupi area yang lebih besar, seperti seluruh wajah.

Cara Mengaplikasikannya Pada Wajah

Penggunaan concealer tidak seperti foundation. Foundation dibutuhkan dalam jumlah yang cukup banyak ketika diaplikasikan ke wajah.

Sedangkan concealer hanya digunakan sedikit-sedikit saja, di bagian tertentu wajah, seperti bawah mata, serta area gelap di wajah.

Kamu cukup mengoleskan 1 hingga 2 lapis concealer di bagian tertentu wajah. Kemudian, ratakan dengan menggunakan jari atau spons make up yang bersih ya.

Perlu diketahui, jika kamu tidak memiliki masalah jerawat atau noda hitam di wajah, penggunaan concealer tidak terlalu dibutuhkan. Foundation saja, sudah cukup untuk meratakan warna kulitmu.

Fungsi Concealer Pada Wajah Apa Saja?

Setelah mengetahui tentang pengertian concealer dan cara menggunakan concealer, berikut ini fungsi concealer yang wajib kamu ketahui:

Mempertegas Fitur Wajah Kamu

Make up yang bagus adalah make up yang dapat memberikan kesan tegas pada wajah. Beberapa bagian yang tegas ini seperti hidung, bagian depan hidung, dahi, dan tulang di dekat bagian alis.

Ketika concealer diaplikasikan, bagian tersebut akan tampak lebih cerah, sehingga mampu menonjolkan struktur wajah tersebut dengan lebih tegas.

Baca Juga:  Apa Itu Ombre Lips? Ini 5 Cara Membuat Ombre Lips

Memudarkan Noda Bekas Jerawat

Untuk kamu yang memiliki kondisi wajah berjerawat dan berbekas, ingin menggunakan concealer untuk make up, sebaiknya pilih yang berwarna lebih cerah.

Pastikan fungsi concealer terbaik ini juga dilengkapi dengan kandungan benzoyl peroxide untuk melawan bakteri jerawat.

Perlu diketahui bahwa fungsi concealer adalah untuk menutupi noda bekas jerawat, bukan menutupi jerawat di wajah, terlebih jerawat yang membesar.

Concealer untuk Mata Panda dan Lingkar Hitam

Coba lihat bagian bawah mata kamu, apakah warna kulitnya lebih menggelap dan berkantung? Jika ya, kamu bisa menggunakan concealer untuk mata panda dan menutupi bagian menggelap tersebut.

Agar hasilnya lebih maksimal dalam menyamarkan kantung mata, kamu bisa menggunakan concealer dengan pilihan warna oranye, peach, atau merah.

Meratakan Warna Kulit Aslimu

Fungsi concealer selanjutnya adalah untuk meratakan warna kulit asli kamu. Menggunakan concealer akan memberikan kesan warna kulit yang lebih cerah.

Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu juga bisa mengaplikasikan BB cream atau foundation pada wajah kamu. Gunakan spons yang bersih untuk meratakan semua make up ini.

Menyamarkan Warna Kemerahan di Kulit Wajah

Concealer yang bagus untuk wajah remaja dan dewasa adalah concealer yang mampu meratakan warna kemerahan pada kulit.

Warna kemerahan ini umumnya muncul karena kondisi jerawat yang meradang atau karena luka bakar di wajah. Pilih concealer dengan warna hijau, agar warna kemerahan di kulit tersebut tampak lebih memudar.

Fungsi Concealer dan Warna – Warna Terbaiknya

Setelah mengetahui beberapa fungsi concealer di atas, kamu juga wajib tahu bahwa concealer itu ternyata bukan hanya warna terang dan warna kulit saja.

Concealer juga ada yang berwarna hijau, oranye, kuning, pink, dan ungu. Warna ungu untuk pemilik kulit wajah dengan warna kuning langsat. Warna hijau untuk menutupi noda jerawat.

Warna oranye adalah concealer untuk mata panda dan menyamarkan kantung mata. Warna kuning untuk meratakan warna kulit wajah.

Concealer warna pink atau merah biasanya lebih banyak digunakan untuk menutupi dan menyamarkan noda jerawat yang meradang hingga kulit bekas luka bakar.

Pilih Warna dan Aplikasikan Sesuai Fungsi Concealer yang Seharusnya

Dari uraian di atas, bisa kita simpulkan bahwa concealer ternyata merupakan bagian dari make up, yang terdiri dari pilihan warna tertentu sesuai dengan fungsi concealernya.

Meskipun ada banyak pilihan concealer terbaik untuk mata panda, concealer terbaik untuk remaja, hingga concealer yang bagus dan murah, pastikan kamu tahu dulu fungsi concealer untuk wajah agar mendapatkan hasil pemakaian yang maksimal. Selamat mencoba!

Fitrya Nur Baity

Kontributor Aktif di SKINMOE.com, cek artikel terbarunya di sini.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.